Detox Enzim :Cara Mudah Menurunkan Berat Badan


KOMPAS.com — Suatu kali dalam salah satu obrolan singkat dengan seorang teman yang berprofesi sebagai dokter, terungkap betapa sebenarnya hidup ini lebih ringkas jika kita mengenal enzim. Bukan hanya enzim amilase, atau yang ada di lidah, tetapi juga yang ada di setiap organ tubuh. Enzim inilah yang menjaga tubuh tetap sehat, dan yang turut menentukan berapa lama Anda bertahan hidup.

Mengutip dr Hiromi Shinya yang menulis buku Terapi Enzim, konsumsi makanan sehat hanya menjadi satu dari berbagai terapi enzim. Ada beberapa cara lain yang tak kalah penting. Namun, yang utama adalah mengenali enzim itu sendiri.

Ada satu enzim yang berperan penting dalam tubuh, yang bekerja maksimal dalam mencerna makanan, termasuk mencerna alkohol dan rokok. Sederhananya, makin baik makanan yang dikonsumsi, enzim ini akan terjaga dan Anda tetap sehat karenanya.

Kekurangan enzim akan menyebabkan tubuh sakit. Beberapa tandanya seperti mudah pilek dan masuk angin, nyeri otot, nyeri sendi, serta sakit pingggang. Bisa juga kulit menjadi kering, kusam, dan mudah berjerawat. Di samping itu, ada potensi menjadi kurang nafsu makan, mual, dan nyeri lambung. Intinya, ada banyak penyakit menyertai begitu enzim di tubuh ini berkurang.

Namun, Anda tidak perlu diet ketat untuk mendapatkan tubuh sehat. Sebagai gantinya, cobalah terapkan terapi yang fokus pada enzim dengan menjalankan beberapa langkah yang disarankan Hiromi.

Pilih menu makanan yang baik untuk memperbaiki lambung dan usus. Penuhi kebutuhan minum air putih. Selain berolahraga dan istirahat teratur, tertawa ternyata memberi dampak positif pada tubuh karena perasaan bahagia memperbaiki aliran qi yang memberi pengaruh baik untuk tubuh.

Untuk ringkasnya, ada tujuh langkah ringan yang bisa diterapkan. Di antaranya, makanlah beras merah, lalu konsumsi air dan buah yang cukup. Usahakan untuk tidak minum susu dan daging. Daging perlu dihindari karena ada kaitannya dengan proses pencernaan. Daging tidak hanya lama dikunyah atau diproses gigi, tapi juga lama dicerna dalam lambung. Orang yang tidak mengonsumsi daging berlebih punya potensi umur panjang lebih besar daripada yang mengonsumsi daging.

Selain olahraga, berbahagialah dengan lebih banyak tertawa. Ini turut membantu terapi enzim sehingga tubuh Anda lebih sehat terjaga.

10 Cara Sehat untuk Detoks secara Alami

 

Detoks adalah cara yang populer untuk memurnikan dan membersihkan tubuh secara internal yang bisa membuang racun‐ racun yang ada di dalam tubuh. Dengan melakukan detoks, Anda dapat mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan juga mencuci keluar racun dari sel‐sel. Jika Anda ingin mengikuti diet detox khusus, pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi memiliki banyak serat dan juga banyak minum air putih. Terkadang pola makan dan gaya hidup yang Anda jalani dapat memberikan dampak dan efek yang tidak baik untuk kesehatan; dan ini bisa terlihat tidak hanya dalam jangka waktu panjang tetapi juga bisa terjadi dalam jangka waktu pendek. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda melakukan detoks untuk membuat Anda lebih sehat. Berikut ini 10 cara sehat untuk detox yang dilansir oleh health me up; yang dapat memberikan inspirasi untuk Anda.

  • Jangan mengkonsumsi alkohol

Cara sehat untuk detox dapat dilakukan pada awalnya dengan menghentikan kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Sering mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar racun di dalam tubuh; jadi sebaiknya mulailah mengurangi asupan minum alkohol dan menggantinya dengan jus buah ataupun minum air putih.

  • Makan makanan yang berserat

Serat sangat bagus untuk pencernaan dan sembelit. Serat merupakan salah satu cara alami untuk melakukan detoksifikasi. Makanan yang kaya serat seperti gandum, biji‐bijian, kacang dan sayuran harus ditambahkan dalam konsumsi makanan Anda untuk membantu detoks secara alami. Makanan yang kaya serat juga meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan menurunkan kolesterol.

  • Menghindari gula

Gula dan bahan pemanis lainnya dapat meningkatkan asupan kalori dan membuat Anda merasa lelah. Gula dan pemanis buatan dapat berdampak pada kesehatan Anda, jadi mulailah detox dengan mengurangi asupan pada gula.

  • Jangan lewatkan jadwal makan

Mungkin Anda pernah berpikir untuk tidak makan malam atau makan pagi untuk menurunkan berat badan? Ternyata cara ini tidak bisa membuat Anda kurus lho.Melewatkan jadwal makan hanya akan membuat Anda bertambah gemuk. Akan lebih baik apabila anda mengkonsumsi makanan atau pun cemilan sehat dalam jumlah yang kecil setiap 2‐3 jam. Ini akan menghindari racun dan juga akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

  • Hindari konsumsi lemak tidak sehat

Apa yang Anda butuhkan adalah lemak tak jenuh sehat seperti minyak zaitun, kacang‐kacangan, hazelnuts, kacang mete, kacang almond, pistachio; juga alpukat, dan minyak wijen. Sertakan juga lemak tak jenuh dalam diet Anda seperti Omega 3 asam lemak untuk mengatasi atau melawan serangan kolesterol jahat.

  • Makan yang mengandung protein

Protein memiliki beberapa manfaat, tetapi ketika Anda sedang melakukan diet detoks, protein membantu Anda merasa lebih lengkap; baik jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan juga. Protein menstabilkan tingkat gula darah Anda. Tapi protein Anda harus ramping, memotong semua lemak untuk menghindari kolesterol jahat.

  • Dark Chocolate dan kayu manis

Mengkonsumsi dark chocolate lebih baik untuk menghindari dan mengurangi hasrat Anda akan gula dan garam. Anda juga bisa menggunakan kayu manis bubuk pada buah‐buahan atau yoghurt; kayu manis dan coklat hitam dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah Anda.

  • Istirahat yang cukup

Makan dengan benar penting ketika melakukan detoksifikasi tetapi Anda juga perlu untuk istirahat yang cukup dan bersantai. Tidur dapat membantu untuk memulihkan dan me recharge tubuh Anda, yang membuat Anda merasa telah segar. Berolah raga Berolah raga dan melakukan latihan penting untuk detoksifikasi. Aktivitas fisik dapat meningkatkan energy dan mencegah penyakit. Latihan mencegah kelelahan dan kelesuan, dan memberikan Anda dorongan ekstra untuk melakukan aktivitas sehari‐hari.

  • Gunakan cara yang sehat dan alami untuk Detox

Sayuran, buah‐buahan dan daging putih adalah jawabannya bila Anda ingin melakukan
detoksifikasi melalui makanan. Hindari makanan olahan dan pilih produk‐produk segar untuk
menghindari kontaminasi dan bakteri. Makanan yang enak memang belum tentu sehat. Oleh sebab itu, Anda harus cerdas dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi. Biasakan untuk selalu mengkonsumsi sayuran dan buah‐buahan.
Semoga informasi ini berguna. “Share if
you think its great information & Like our
FB Page”

Diet Air Hangat Cara Super Praktis Turunkan Berat 

 diet air putih

Ingin turunkan berat badan tanpa menyiksa diri?Mau mendapatkan tubuh lebih proporsional tapi nggak mau ribet? Coba deh cara diet yang satu ini. Selain praktis, diet yang satu ini sangat ekonomis. Cukup dengan minum air hangat secara rutin setiap hari.

Dilansir dari liveb.com, minum air hangat tak hanya bisa membuat badan lebih hangat tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Penasaran? Langsung saja kita ikuti detail lengkapnya di bawah ini.

Minum 8 Gelas Air Putih Sehari

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air putih per hari. Menurut jurnal “Obesity”, orang yang minum air putih cukup punya peluang besar menurunkan berat badandibandingkan orang yang tak mencukupi kebutuhan airnya dengan cukup.

Panaskan Air Putih yang Akan Diminum

Pada dasarnya, semua minuman yang masuk ke dalam tubuh harus didinginkan atau dihangatkan terlebih dahulu di dalam tubuh agar sesuai dengan suhu alami tubuh kita. Jadi, dengan minum air hangat, maka tubuh akan bekerja lebih keras dan membakar kalori untuk mendinginkan kembali suhu air yang kita minum. Dengan kata lain, minum air hangat beberapa kali sehari bisa membuat tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga kita bisa menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Minum Air Hangat Sebelum Makan

Ladies, cobalah untuk minum air hangat sebelum makan. Menurut University of Nebraska, minum air atau mengonsumsi makanan yang berkuah bisa membuat kita merasa lebih cepat kenyang, sehingga yang kita konsumsi pun tak terlalu banyak. Nah, cobalah untuk minum air hangat sebelum makan, sehingga Anda akan merasa lebih cepat kenyang dan tak makan berlebihan.

Variasikan Air Hangat Anda

Bosan kalau setiap hari harus minum air hangat? Coba variasikan dengan menambahkan rempah atau buah. Misalnya dengan menambahkan air perasan jeruk lemon. Yang penting adalah sebisa mungkin hindari bahan pemanis atau yang mengandung banyak kalori.

Ladies, jangan lupa untuk mengimbangi dengan olahraga teratur ya. Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang Anda inginkan perlu usaha dan juga waktu. Jadi, tetap konsisten ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.